Halaman

Jumat, 31 Desember 2010

Install JDK (Java Development Kit) di Ubuntu

JDK adalah suatu modal utama ketika kegiatan progamming menggunakan Java menjadi pilihannya. JDK berisi satu bundled KIT, dimana proses kompilasi source-code java menjadi byte class dilakukan dengan menggunakan JDK ini. Netbean atau JCreator hanyalah IDE(Integrated Development Editor). Ketika melakukan kompilasi melalui Netbean sebenarnya JDK yang sudah terintsall didalam komputerlah yg dipanggil, hanya saja proses kompilasi dipermudah dengan cara memanggil langsung lewat IDE(namanya juga Integrated..hehehe..)

Anda dapat mendapatkan file JDK terbaru [di sini]. Karena di sini akan dibahas instalasi JDK di Linux, maka download dulu JDK yang untuk Linux (download yang *.bin). Nah, setelah file JDK didownload, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  1. Taruh [nama_file_JDK].bin di folder (misal) /home/[user]/java
  2. Buka terminal (Application – Accessories – Terminal), masuk sebagai root dan kemudian masuk ke directory dimana file JDK berada. Dalam contoh ini lokasinya adalah /home/[user]/java
  3. Pada terminal, ketikkan command : # chmod 777 [nama_file_JDK].bin
  4. Setelah itu ketik : # ./[nama_file_JDK].bin
  5. Setelah itu akan muncul seperti EULA, tekan spasi sampai EULA habis, kemudian ketikkan yes dan tekan enter. Tunggu proses intalasi hingga selesai.
  6. Setelah proses instalasi selesai, buka file /etc/profile dan /etc/bash.bashrc
  7. Tambahkan baris script seperti dibawah ini pada kedua file tadi
    JAVA_HOME=/home/[user]/java/[nama_folder_jdk]
    export JAVA_HOME
    PATH=$JAVA_HOME/bin:$PATH
    export PATH
  8. [nama_folder_jdk] sesuaikan dengan tempat menginstall jdk, lalu save kedua file tersebut.
Nah, sekarang coba cek di terminal dengan mengetikkan $ java -version apabila muncul tulisan "java version [versi_dari_jdk] blablabla", berarti instalasi berhasil. Dan jika belum bisa, coba restart komputer terlebih dahulu, setelah itu coba lagi $ java -version

Selamat mencoba. ^^

Tidak ada komentar: