Halaman

Jumat, 31 Desember 2010

Instalasi Packet Tracer di Ubuntu

Packet Tracer merupakan software simulasi jaringan yang dikembangkan oleh Cisco. Dimana software tersebut berfungsi untuk membuat suatu jaringan komputer atau sering disebut dengan computer network. Dalam program ini telah tersedia beberapa komponen–kompenen atau alat–alat yang sering dipakai atau digunakan dalam system network tersebut, Misalkan contoh seperti kabel Lan ( cross over, console, dll ) , HUB, SWITCHES, ROUTER dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat dengan mudah membuat sebuah simulasi jaringan computer di dalam PC Anda, simulasi ini berfungsi untuk mengetahui cara kerja pada tiap–tiap alat tersebut dan cara pengiriman sebuah pesan dari komputer 1 ke computer lain dapat di simulasikan juga disini.

Mulanya, saya iseng-iseng mengoogling software simulasi jaringan yang tersedia di Ubuntu. Tidak menyangka ternyata Packet Tracer yang pernah saya gunakan di Windows juga tersedia di Ubuntu. Nach pada posting kali ini saya akan membahas cara menginstall Packet Tracer, khususnya Packet Tracer 5.1 di Ubuntu 10.04.
  • Langkah pertama adalah mendownload Packet Tracer di link ini. Untuk sistem operasi Ubuntu, pilihlah file PacketTracer51_i386_installer-deb.bin.
  • Setelah file berhasil didownload, lewat terminal kita masuk ke folder tempat file PacketTracer51_i386_installer-deb.bin berada dan kamu harus merubah permission dari file tersebut menjadi 755. Caranya ketikkan perintah (tanpa tanda petik) “sudo chmod 755 PacketTracer51_i386_installer-deb.bin”. Untuk lebih jelasnya coba perhatikkan gambar dibawah ini.
  • Terminal akan meminta password root kamu. Masukkan password root kamu. Langkah berikutnya adalah menjalankan file installer program Packet Tracer. Caranya ketikkan perintah “./PacketTracer51_i386_installer-deb.bin” (tanpa tanda petik). Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk menekan tombol enter untuk membaca EULA dari Packet Tracer. Pada baris akhir dari EULA, akan muncul pesan apakah kamu setuju dengan EULA yang telah dibaca tadi. Tekan tombol “Y”. Jadi dech proses instalasinya. Kamu bisa mengakses program Packet Tracer di menu Internet->Cisco Packet Tracer. Catatan : Hal yang harus diperhatikan pada waktu kamu menjalankan program Packet Tracer ini, kamu harus menonaktifkan compiz kamu, apabila kamu mengaktifkan compiz. Karena berdasarkan pengalaman saya, menu-menu yang terdapat pada packet tracer tidak dapat dilihat dengan jelas atau kabur. Untuk lebih jelasnya coba kamu perhatikan gambar dibawah ini.
  • Selesai sudah instalasinya?? Packet Tracert dapat dijalankan di Ubuntu tanpa harus menggunakan wine, mau belajar Cisco ga da masalah lagi.
Selamat mencoba. ^^

Tidak ada komentar: